Tata Cara Sholat Tahajud dan Witir, Bacaan, Keutamaan

Tata cara sholat tahajud dan bacaannya - Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir dan sholat tahajud masuk dalam sunnah muakad, yaitu sholat sunnah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat. Sholat malam memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan yang jarang diketahui orang awam. Apabila banyak orang yang tau manfaat luar biasa sholat tahajud, mereka pasti tidak meninggalkan sholat tahajud walaupun hanya 1 semalam.

Melaksanakan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir juga sebagai tambahan amal ibadah sebagaimana firman Allah
“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa: 79)

Keutamaan Sholat Tahajud

Rajin sholat tahajud memiliki keutamaan menghapus dosa dan menjauhkan dari maksiat seperti hadits berikut dari Kifayatul Akhyar.
“Lakukanlah shalat lail karena shalat tersebut merupakan kebiasaan orang sholih sebelum kalian. Shalat tersebut akan lebih mendekatkan diri kalian pada Rabb kalian dan juga akan menghapuskan dosa dan menjauhkan dari maksiat.” (HR. Hakim 1: 308, ia berkata sesuai syarat Bukhari).
Dalam hadits lainnya disebutkan.
“Barangsiapa yang melaksanakan shalat lail dengan membaca 100 ayat, maka ia tidak dicatat sebagai orang-orang yang lalai. Barangsiapa yang shalat lail dengan membaca 200 ayat, maka ia dicatat sebagai orang yang taat dan ikhlas.” (HR. Hakim 1: 309, sesuai syarat Muslim. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits munkar)
Panduan melaksanakan sholat tahajud

Berikut ini artikel panduan dan tata cara melaksanakan sholat tahajud, waktu yang tepat melaksanakan sholat tahajud, penjelasan jumlah rakaat sholat tahajud, dzikir setelah sholat tahajud, serta tata cara sholat witir 1 rakaat sebagai penutup sholat malam. Silakan baca artikel ini hingga akhir, agar anda bisa mengerti bagaimana melaksanakan cara sholat tahajud dan witir sesuai sunnah. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.


Waktu Shalat Tahajud


Waktu Sholat Tahajud
Sholat tahajud jika dilakukan secara rutin maka akan bermanfaat baik secara psikologis dan mental. Waktu sholat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, sekitar jam 1 sampai jam 3.

Mungkin pertama kali melaksanakan sholat tahajud akan terasa berat dan malas, itu hal yang wajar. Solusinya dengan paksakan untuk bangun, lawan syaitannya. Tanpa paksaan untuk melaksanakan sholat tahajud maka sampai kapanpun anda tidak akan bisa sholat malam.

Niat Sholat Tahajud

Sebelum melaksanakan sholat, anda harus memiliki niat yang ikhlas. Ibadah anda ditujukan hanya untuk Allah azza wa jalla. Sebenarnya niat adalah amalan hati tidak ada lafal tertentu yang harus dihafal dan diucapkan. Silakan baca pengertian dan hakikat niat pada menubar blog kami untuk penjelasan lengkapnya.

Tata Cara Sholat Tahajud

Gerakan Sholat tahajud
  1. Niat Sholat Tahajud.
  2. Melakukan Takbiratul Ihram (Allahhuakbar) mengangkat kedua tangan seperti sholat biasanya.
  3. Membaca Doa Iftitah.
  4. Membaca surat Al-fatihah.
  5. Membaca surat pendek Al-Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat apa saja dalam Al Quran.
  6. Melakukan gerakan ruku, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan sesuai dengan masing-masing gerakan.
  7. Untuk rakaat selanjutnya, ikuti langkah 2-6
  8. Setelah salam, Disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, dan dzikir setelah sholat tahajud
Nabi sallallahu alaihi wasallam melakukan sholat 2 rakaat yang ringan terlebih dahulu sebelum sholat tahajud. Jumlah rakaat minimal yang bisa dilakukan dalam sholat tahajud adalah dua rakaat dua kali salam sedangkan untuk batas maksimalnya bisa disesuaikan kemampuan masing-masing.

Tata cara sholat tahajud 4 rakaat dengan dua rakaat kemudian salam dilanjutkan dua rakaat lagi kemudian salam. Sebaiknya anda tonton juga video berikut, karena panduan dan tata cara yang lengkap dijelaskan pada video berikut.




Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Setiap sesudah melaksanakan sholat, baik itu sholat wajib 5 waktu ataupun sholat sunnah. Tidak lengkap tanpa membaca dzikir seusai sholat, dengan membaca dzikir kita memuji Allah azza wa jalla yang memberikan kita berbagai nikmat, berikut dzikir dan doa sesudah sholat tahajud Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Bacaan Arab Doa Sholat Tahajud

SUBHAANALL MALIKIL QUDDUUS 3x
"Maha Suci Dzat yang merajai lagi Maha Suci"
*****

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

ROBBIL MALAA-IKATI WAR-RUUH
"Tuhan para malaikat ar-Ruh"

Dengan membaca dzikir tersebut, sudah bisa dikatakan selesai pula ibadah sholat malam anda. Bisa dilanjutkan untuk kembali tidur atau tunggu hingga adzan subuh berkumandang.


Berapa Rakaat Sholat Tahajud

jumlah rakaat sholat tahajud

Bagi yang baru ingin melaksanakan sholat tahajud maka akan timbul pertanyaan berapa jumlah rakaat shalat tahajud yang benar? Nabi kadang melakukan sholat tahajud dengan 13 rakaat.

Jumlah rakaat minimal yang bisa dilakukan dalam sholat Tahajud adalah dua rakaat dua kali salam sedangkan untuk batas maksimalnya bisa disesuaikan kemampuan masing-masing. Tata cara sholat tahajud 4 rakaat dengan dua rakaat kemudian salam dilanjutkan dua rakaat lagi kemudian salam.

Nabi shallallahu alaihi wasallam melaksanakan sholat tahajud dengan 1 atau 3 rakaat witir. Beliau pernah melakukan sholat tahajud 8 rakaat dengan 3 rakaat witir.

Beliau pernah sholat tahajud 8 atau 10 rakaat dengan 1 rakaat witir. Sholat tahajud dianjurkan untuk dilaksanakan dengan dua rakaat satu salam.

Sedangkan, aturan untuk pelaksanaan sholat witirnya disesuaikan dengan jumlah rakaat yang dilaksanakan.

Misalnya, untuk 3 rakaat witir, ada dua pilihan yang bisa dikerjakan.

3 rakaat sekaligus dengan 1 salam.
2 rakaat dahulu lalu salam kemudian 1 rakaat lalu salam.

 Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat

Saya sangat menyarankan sholat witir 3 rakaat karena lebih afdol dengan melakukan 2 rakaat kemudian 1 rakaat penutup. Namun apabila anda ingin tahu sholat witir 1 rakaat berikut ini caranya.

Doa sholat witir setelah Al-Fatihah membaca 3 surat Al-Qur-an sekaligus seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Kemudian akhiri dengan salam.



Sholat Tahajud Bersuara atau Tidak?
Sholat sunnah dibolehkan untuk seseorang mengeraskan suara atau mengecilkan suara, sholat sunnah pada umumnya memang dasarnya rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengeraskan suara seperti sholat malam Abdullah bin Ummar mengetahui bacaan nabi shallallahu alaihi wasallam di sholat malam pada saat ikut sholat dari Al-Baqarah, Al-Imran sampai An-Nisa selesai. Itu karena suara nabi shallallahu alaihi wasallam terdengar.

Nabi shallallahu alaihi wasallam juga pernah melewati rumah Abu Bakar juga mendengar bacaan Abu bakar tapi dengan suara kecil. Lewat rumah Ummar tapi suara umar besar.

Lalu subuhnya nabi shallallahu alaihi wasallam bertemu mereka berdua lalu nabi shallallahu alaihi wasallam tanya Abu bakar. "Kenapa kau kecilkan suaramu?"

Kata Abu bakar رضي الله عنه radi allahu anhu "Saya tahu ya rasulullah, sama siapa saya berbicara (sama Allah maksudnya)"

Kemudian nabi shallallahu alaihi wasallam tanya ummar "Kenapa kau keraskan suaramu wahai ummar?"

Kata ummar "Agar tetangga saya bangun sholat malam"

Kata nabi shallallahu alaihi wasallam kepada abu bakar "Angkat suaramu sedikit"

"Wahai ummar kecilkan suaramu sedikit"

Artinya boleh mengeraskan suara, disholat seperti sholat malam.




Keistimewaan Shalat Tahajud

Keutamaan Sholat Tahajud

Melaksanakan sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang jarang diketahui orang awam. Ternyata manfaat sholat tahajud sangat baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat. Apabila kita mengetahui keutamaan luar biasa sholat tahajud, maka bisa menambah semangat kita untuk rutin melaksanakan sholat tahajud. Apa sajakah itu?

1. Shalat Tahajud sebagai tiket masuk surga
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Amal yang menolong di akhirat
amalan penolong di akhirat
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

Ayat di atas menunjukkan bahwa orang yang senantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat nikmat di akhirat kelak.

3. Pembersih penyakit hati dan jasmani
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

4. Sarana meraih kemuliaan
Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)

5. Jalan mendapatkan rahmat Allah
Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

6. Sarana Pengabulan permohonan
Allah subhanahu wa ta'ala berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda,
“Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

7. Penghapus dosa dan kesalahan
Penghapus dosa dan kesalahan
Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

8. Jalan mendapat tempat yang terpuji
Allah berfirman, “Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

9. Pelepas ikatan setan
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”

10. Waktu utama untuk berdoa
Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

11. Meraih kesehatan jasmani
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah subhanahu wa ta'ala. penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

12. Penjaga kesehatan rohani
Allah subhanahu wa ta'ala menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)


Manfaat Sholat Tahajud

manfaat sholat tahajud

Sholat tahajud memiliki manfaat yang sangat banyak dan apabila anda melaksanakannya setiap malam maka sangat baik dalam segi psikologis dan mental. Berikut 6 manfaat sholat tahajud.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sholat tahajud merupakan salah satu kebiasaan orang-orang sholeh sejak jaman dahulu. Nabi Muhammad sendiri tidak pernah meninggalkan sholat tahajud walaupun saat beliau sedang sakit. Nabi Muhammad pernah bersabda yang isinya mengajak kita untuk melaksanakan sholat tahajud karena selain sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, sholat tahajud juga bisa menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

2. Terhindar dari Penyakit Infeksi Pernafasan
Penyakit yang disebabkan oleh virus salah satunya adalah penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau biasa singkat dengan istilah ISPA. Selain penyakit ini di sebabkan oleh pengaruh kondisi dalam penyebarannya, namun gaya hidup yang sehat dipercaya dapat mencegah penularan penyakit ISPA dan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, menurut salah satu pakar kesehatan Universitas Indonesia, sholat tahajud dapat bermanfaat untuk mendukung gaya hidup sehat tersebut.

3. Mencegah Penyakit Pinggang Setelah Bangun Tidur
Jika sholat tahajud di lihat dari gerakan sholatnya, maka gerakan-gerakan sholat tersebut secara medis memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan kita membiasakan diri untuk banngun malam dalam rangka melaksanakan sholat tahajud, maka kita akan terhindar dari penyakit pinggang yang banyak menyerang orang-orang yang terlalu banyak tidur.

4. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung dan Memperpanjang Usia
Kurang tidur memang tidak baik namun lebih bahaya lagi jika terlalu banyak tidur, nabi shallallahu alaihi wasallam setiap hari tidur hanya 4 jam. Saya pernah tidur sehari 4 jam dan anehnya badan saya lebih semangat menjalani hari dibandingkan tidur diatas 8 jam sehari. Apabila anda tidak percaya bisa anda cari di youtube dengan kata kunci keuntungannya tidur 4 jam sehari.

5. Dapat Melancarkan Peredaran Darah
Jika kita lihat, bangun malam ketika sholat tahajud merupakan di saat yang tepat ketika tubuh kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang baik. Karena pasokan oksigen mulai pukul tiga dini hari hingga subuh akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Dengan pasokan oksigen tersebut, badan kita akan lebih segar dan aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu mandi pagi setelah Anda tidur juga menyehatkanSholat tahajud dapat memberikan ketenangan jiwa yang dimana berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa ahli, menyebutkan bahwa sistem imun tubuh akan meningkat seiring dengan adanya ketenangan di dalam tubuh. Sehingga akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dan sekaligus akan memperpanjang usia.


Dahsyatnya Waktu Sepertiga Malam Terakhir
Banyak sekali manfaat dan keutamaan sholat tahajud, dan waktu sepertiga malam adalah waktu dimana Allah turun ke bumi. Pada waktu itulah kesempatan bagi kita berdoa sebanyak-banyaknya.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, semangat terus sholat tahajud dan lawan setan yang membisikan tipuan rasa malas.

sumber :
https://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/keajaiban-sholat-tahajud.htm#.Wp9YIejFLyQ
pintu surga https://www.youtube.com/watch?v=0cdRDpI0D9Y
Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam https://www.youtube.com/watch?v=TGKYxghCjs8
ceramah pendek https://www.youtube.com/watch?v=WvRjkrS_y8M
al-uyeah dan fb.com/doadanistigfar
https://dalamislam.com/shalat/manfaat-tahajjud
sumber gambar :
pixabay, google, instagram

25 Responses to "Tata Cara Sholat Tahajud dan Witir, Bacaan, Keutamaan"

Jagad mengatakan...

Alangkah lebih baiknya jika beberapa hadits di atas disertakan nomornya supaya bisa dijadikan referensi yang kuat jika disebarkan ulang oleh pembaca.

Terimakasih banyak, artikelnya sangat bermanfaat. Semoga penulis mendapatkan pahala dan keberkahan. aamiin

Unknown mengatakan...

Terimaksih...

FITRALYA mengatakan...

Alhamdulillah makasih unuk ilmunya. Semoga dengan adanya blog ini dapat menambahkan ilmu dan pahala bagi anda, saya dan semua pambacanya. Amin

Yuzu mengatakan...

Jazakumullah khairan katsiron..

Unknown mengatakan...

Bismillah..
terimakasih atas ilmunya..
Sangat bermanfaat..
🙏😊

Unknown mengatakan...

Ilmu yang sangat bermanfaat untuk orang yang baru belajar sholat tahajjud

Unknown mengatakan...

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Terima kasih ilmunya..
Semoga bermanfaat🙏🙏

Ella Oclaila mengatakan...

Alhamdulillah, terima kasih banyak. Semoga Allah memberikan berkah kode penulis. Aamiin yaa Rabb.

Ulya Anis mengatakan...

Jazakumullah khoiron katsir. .

ujang suratman mengatakan...

Alhamdulillah jadi ngerti deh.
Terima kasih. Semoga Allah membalas semua kebaikan

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah Sangat bermanfaat..
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Alhamdulilah ilmunya sangat bermanfaat,Smg mid berkah buat penulis dan yg membacanya...

Ginta Maysa mengatakan...

Allhamdulillah Terimakasi ilmu nya sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah. Trmksi ilmux sngat brmnfaatx insya Allah bisa dlksanakan dengan ikhlas, krn Allah taalla. . Amin

Gita SA mengatakan...

Subhanallah. . Terimakasih min, sangat bermanfaat 😇

Syafik Adja mengatakan...

Terimakaaihgan.. Ijin save dan mengamalkan doa doanya..

Siti Lutfiah mengatakan...

Terima kasih banyaaaak atas infonya yang cukup lengkap, sangat bermanfaat semoga menjadi amal yang baik untukmu
Ijin save dan berbagi ke teman teman yang lain

Zesn Fa mengatakan...

Sangat bermanfaat... !!!

Nurina ayumboet tyas Wardhani mengatakan...

Alhamdulillah. Terimakasi sangat bermanfaat

AIRHA TERKINI mengatakan...

terimkasi info2nya sudah membagi ilmu yg luar biasa smoga kita sllu dijalan allah

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas ilmunya yg tlh diberikan,sangat bermanfaat.

Dewi Marliana mengatakan...

Alhamdulillah.. bertambah ilmu lagi,

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah.. mkasih

Unknown mengatakan...

Ilmu yang sangat Bermanfaat,,terimakasih

Posting Komentar