Macam - Macam Sholawat Nabi, Hadits dan Pengertiannya

Sholawat Nabi

Macam Macam Sholawat Nabi, Hadits dan Pengertiannya – Sholawat yakni suatu bentuk kebanggaan kita sebagai umat Muslim kepada Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Mengucapkan Shalawat untuk Nabi sebaiknya dijadikan sebagai amalan sehari-hari. Karena dalam menjalankan amalan tersebut kita akan menerima manfaat dan keutamaan yang sangat melimpah.



Berikut ini beberapa jenis-jenis shalawat yang mungkin anda butuhkan untuk menambah wawasan, amalan atau sebagai bahan referensi.


Sholawatma’tsuroh merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu mebaca dan keutamaannya telah diajarkan oleh Rasululloh saw, sendiri.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Artinya : “Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya”


اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluargaMuhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”   

Kegunaanya :
1.   Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup dunia dan akhirat
2.   Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan dunia dan akhirat
3.   Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain
4.   Untuk menarik dan memperluas rizki dengan sebanyak-banyaknya
5.   Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita.

3.        SHOLAWAT AL-FATIH

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.
Artinya: 
Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

Kegunaannya :
1.   Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
2.   Untuk mengahups dosa-dosa kecil
3.   Untuk dapat bertemu dengan Rosululloh saw didalam mimpi
4.   Untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan nabi besar Muhammad saw di akhirat kelak.

4.        SHOLAWAT QUTHBUL AQTHOB

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.


Artinya : 
Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw  dan kepada orang-orang yang memiliki kemiliaan sampai hari kiamat.  

Kegunaannya :
1.   Untuk menyembuhkan penyakit pusing dan panas, perut, batuk
2.   Dan untuk menyembuhkan penyakit gila dan penyakit-penyakit lainnya.

5.        SHOLAWAT UMMY

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Kegunaannya :
1.   Barang siapa yang membaca sholawat Ummy ini sebanyak 80 (delapan puluh) kali pada mala  Jum’at, Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya selama 80 (depalan puluh) tahun.
2.   Jika sholawat Ummy ini dibaca sebanyak 500 (lima ratus) kali pada malam Jum’at, maka niscaya ia tidak akan mati sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad saw, dalam keadaan sadar.  

6.        SHOLAWAT MUKAFA’AH

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .

Artinya :
Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

Kegunaannya :
Barang siapa yang memebaca sholawat mukafaah berikut ini sebanyak-banyaknya maka ia telah menunjukkan kecintaannya kepada kanjeng Nabi Muhammad saw, dan barang siapa yng mencintai kanjeng Nabi Muhammad saw maka jelas ia akan mendapat syafaat beliau kelak dihari kiamat dan dianggap sebagai orang yang mulai di sisi beliau.

7.        SHOLAWAT GHOZALI

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ

Artinya : 
Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung bainya tanpa keridhoan-Mutidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihakt Wujud-Mu yang Mulia.

Kegunaannya :
1.   Untuk membuat hati menjadi tenang, membuat pikiran menjadi terang dan untuk menambah tingkat kecerdasan
2.   Untuk mendatangkan segala macam hajat baik yang kecil maupun yang besar.

8.        SHOLAWAT SYIFA’


اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.

Artinya :
 “Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita bnabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Kegunaannya :
1.   Untuk menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat
2.   Untuk menjadikan tubuh kita selamat, awet muda dan panjang usia
3.   Untuk menjadikan hati lebih terang dan bercahaya, sehingga dapat melihat kebaikan dan kebatilan

9.        SHOLAWAT MUNJIYAT

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَالْأَفَاتِ وَتَقْضِى بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّــيـِّـــــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلٰى الدَّرَجَاتِ وِتُبَلِّغُنَا بَهَا أَقْصٰى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىيْئِ قَدِيْرٌ.

Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka. Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ketempat yang paling ujung dari semua kebaikan hidup di dunia dan kehiduan setelah mati.”

Kegunaannya :
1.   Untuk mengharumkan bau mulut yang tak sedap
2.   Untuk menghilangkan rasa canggung dihadapan orang banyak, dan dapat memancarkan kewibaan melalui ucapannya.


اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ

Artinya :
Y Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya 

Kegunaannya :
Sholawat ini apabila dibaca sebnyak 1000 (seribu) kali maka Allah swt, akan mendatangkan hajatnya sebanyak 100 hajat. Hajat yang 30 (tiga puluh) akan diberikan di dunia dan hajat yang 70 (tujuh puluh) akan di datangan kelak di akhirat.
   
11.    SHOLAWAT KAMILAT

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ وَبَـارِكْ عَـلـٰى سَــيـِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ كَمَا لَا نِـهَايَـةَ لِـكَـمـَالِكَ عَدَدَ كَـمـَالِـهِ

Artinya :
Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan

Lihat juga video sholawat nabi yang merdu


Bacaan sholawat nabi Muhammad saw

Dengan rutin melantunkan Sholawat secara otomatis akan mengurangi beban dan akan membuat hidup kamu lebih tentram setiap harinya. Karena Sholawat dapat menentramkan dan membuka hari yang gelisah.

A. Pengertian Sholawat
bacaan sholawat nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam

Secara bahasa Sholawat yakni bentuk jamak dari kata Salla yang memiliki arti; doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Kaprikornus mampu disimpulkan bahwa Sholawat secara bahasa mampu diartikan sebagai do’a.

Firman Allah subhanahu wa ta'ala dalam surat At-Taubah ayat 103 menyebutkan:


“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
(At-Taubah: 103)

B. Pengertian Sholawat Menurut Istilah
bacaan sholawat nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam
zafarheena.devianart.com

Shalawat menurut syar’i atau istilah pujian kepada Nabi. Dalam surat Al-ahzab ayat 56 Firman Allah menyebutkan

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. Al-Ahzab: 56.

Ibnu Katsir menyebutkan dalam tafsirnya ketika manafsirkan ayat tersebut, bahwa Imam Bukhari meriwayatkan Abu Aliyah berkata:
Shalawat adalah:

Apabila Shalawat dari Allah subhanahu wa ta'ala kepada Nabi berarti memberikan rahmat dan kemuliaan (Rahmat Tadhim)
Apabila Shalawat dari Malaikat kepada Nabi berarti memohonkan ampunan
Apabila Sholawat dari golongan yang beriman (Jin dan Manusia) berarti berdoa supaya diberikan rahmat dan kemuliaan

C. Dalil Tentang Membaca Shalawat Nabi

bacaan sholawat nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam
brilio.net

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan jangan lah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapa sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Hukum Membaca Sholawat Nabi

bacaan sholawat nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam

Berbicara hukum membaca Sholawat ada berbagai pendapat dari Ulama, ada yang Wajib Bil Ijmal, Wajib satu kali seumur hidup, ada juga yang berpendapat Sunnah. Pendapat yang paling mayshur adalah Sunnah Mu’akkad, akan tetapi membaca sholawat pada akhir Tasyahud Akhir dari Sholat adalah wajib, oleh karena itu sudah menjadi rukunnya sholat.

D. Macam-macam Bacaan Sholawat


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad An Nabiyyil Ummiyyi.” (Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi)”. Fadhlu Ash Sholah ‘Alan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam no. 60 Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shohih.

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.” (Ya Allah, berilah Shalawat kepada Muhammad dan kerabatnya, karena engkau memberi shalawat kepada kerabat Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia). Fadhlu Ash Sholah ‘Alan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam no. 56 Syaikh Al Albani mengatakan bahwa Sanad hadist ini shohih.



“Allahumma Shollu Wa Sallim ‘Ala Nabiyyina Muhammad” (Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam kepada nabi kamu Muhammad) dibaca sebanyak 10 kali, pada pagi hari maupun soore hari. “Barang siapa yang bersholawat untukku 10 kali pada pagi hari dan 10 kali pada sore hari, maka ia mendapat syafa’atku pada hari kiamat. (H.R. At-Thabrani)

sumber http://www.fimadani.com/bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw/
http://mbahkenyung.blogspot.co.id/2015/02/macam-macam-bacaan-shalawat-nabi.html