Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu Terbukti Berhasil

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu Terbukti Berhasil - Xiaomi merupakan smartphone produksi asal Tiongkok yang tidak ada matinya selalu laris manis di pasaran dunia. Produk ini memang sangat populer dan tidak sedikit produk tiruannya beredar di pasaran. Maka sangat penting untuk diketahui berbagai Cara Cek HP Xiaomi agar konsumen tidak membeli produk yang salah. Hal disebabkan karena tidak sedikit pihak yang menjual produk Xiaomi tiruan untuk mencari keuntungan dengan cara yang salah.

Produk Xiaomi terutama gadget memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Di Indonesia, Xiaomi merupakan produk smartphone yang terbilang baru dan sudah sangat terkenal. Hal ini disebabkan karena produk smartphone ini memiliki harga terjangkau dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan. Tak heran jika Xiaomi menjadi smartphone populer di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.



Cara Cek HP Xiaomi dan Perbedaan Xiaomi Asli dan Palsu 2


Cara Cek HP Xiaomi sebenarnya sangat kecil dan sulit dibedakan. Secara visual keduanya memang terlihat benar-benar mirip sehingga tidak mudah untuk diketahui mana yang asli atau palsu. Secara banderol harga, produk palsu memang lebih murah dibandingkan dengan produk asli. Namun apabila konsumen kurang mengetahui tentang perbedaan-perbedaan itu, tentu akan merasa menyesal membeli. Karena fitur yang diberikan tidak sesuai dengan harapan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka perlu diketahui beberapa cara membedakan keduanya.

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu

1. Membeli di Toko Penjualan Resmi
Penipuan rawan terjadi pada penjualan online dibandingkan offline karena pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung. Sehingga perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu sulit diidentifikasi dari awal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apabila ingin membeli online sebaiknya konsumen berbelanja produk di situs yang resmi dan terpercaya. Xiaomi biasanya juga menggelar program flashsale pada situs resmi dan terpercaya pada waktu tertentu. Dengan tips ini pembeli tidak akan tertipu dengan barang palsu atau bajakan.

2. Menggunakan Aplikasi Detektor Keaslian Barang
Cara Cek HP Xiaomi dapat diidentifikasi dengan menggunakan salah satu aplikasi yang sudah tersedia oleh Xiaomi. Aplikasi ini berguna untuk cek keaslian barang buatan mereka. Agar aplikasi tersebut dapat berjalan, maka perangkat harus mengaktifkan fitur mode on instalasi aplikasi terlebih dahulu. Caranya klik Setting – Additional Setting – Privacy – Unknown Sources.

Caranya yaitu dengan download aplikasi di http://jb.mi.com. Kemudian install aplikasi yang diunduh tersebut. Lalu smartphone Xiaomi yang akan dicek keasliannya. Langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi yang telah diunduh tadi. Setelah proses selesai, kemudian refresh laman http://jb.mi.com dan arahkan smartphone ke bagian QR. Terakhir apabila proses telah selesai, situs tersebut akan memberikan info apakah smartphone yang kita uji asli atau palsu. Namun kekurangan cara ini yaitu hanya dapat dilakukan pada perangkat baru seperti Xiaomi Mi4i, Mi 4 dan tipe baru lain. Untuk tipe lama seperti Redmi 1s atau Redmi 2 belum mendukung untuk aplikasi tersebut.

3. Reset Ulang
Cara Cek HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mereset ulang. Salah satu trik penipu untuk membuat produk palsu yaitu dengan cara menginjak software benchmark. Jadi hasil benchmark seolah-olah sesuai terhadap spesifikasi perangkat tersebut. Dengan langkah mereset ulang maka semua data akan terhapus sehingga aplikasi benchmark dapat mengidentifikasi hardware sebenarnya. Selanjutnya menguji smartphone dengan aplikasi seperti Sensor Box, Antutu dan CPU-Z. Maka akan diketahui informasi detailnya apakah sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

4. Cek Nomor IMEI dan Serial Number
Hal lain yang tidak kalah penting untuk mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu selanjutnya yaitu dengan mengecek nomor IMEI dan serial number. IMEI (International Mobile station Equipment Identity) dan serial number merupakan dua kode angka yang berderet. Biasanya tertera pada box smartphone Xiaomi. Konsumen harus memastikan bahwa nomor IMEI dan serial number sesuai dengan box penjualan.

Terdapat tiga cara cek serial number xiaomi, antara lain:
  • Mengetik pada tombol *#06# kemudian klik menu panggilan atau telepon, lalu nomor IMEI akan muncul.
  • Membuka dimenu Setting - About Phone – IMEI.
  • Membuka kotak cover belakang smartphone, kemudian copot baterai untuk melihat nomor IMEI pada bagian belakang handphone.

5. Mengakses MI Recovery dan MI Fastboost
Cara mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mengakses MI Recovery dan MI Fastboost. Saat masuk pada MI Recovery dan MI Fastboost maka dipastikan terdapat tampilan gambar kelinci MI yang sedang mengoperasi robot Android, lalu keluar tampilan pilihan bahasa (Chinese or English). Jika menu pilihan itu muncul makan smartphone dipastikan asli. Apabila tampilan langsung ke menu recovery maka dipastikan smartphone tersebut palsu.

Akses ke MI Recovery yaitu dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Up saat kondisi awal smartphone mati atau masuk ke folder Security Xiaomi – Icon Updater – Option – Reboot to Recovery Mode. Sedangkan untuk akses ke MI Fastboost dengan cara tekan dan tahan bersamaan tombol Power dan Volume Down saat kondisi awal smartphone mati.

6. Cek Garansi
Cek Garansi pada smartphone dapat menjadi salah satu acuan untuk mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu yang ada dalam pasar ketika anda mau membeli. Tidak hanya smartphone Xiaomi, namun pada smartphone original merk apapun yang memiliki kualitas baik, pasti berani menawarkan garansi minimal 1 tahun untuk meyakinkan konsumen membeli produk brand mereka. Sehingga apabila terdapat harga HP Xiaomi yang murah dan hanya menawarkan syarat garansi dibawah 1 tahun, maka sudah dapat dipastikan jika pruduk tersebut palsu.

7. Cek Kualitas Gambar
Pada produk asli Xiaomi memiliki kekhasan warna layar yang jernih dan terang serta didukung kerapatan piksel yang mumpuni. Sehingga menghasilkan ketajaman dan kejernihan gambar yang baik. Sedangkan pada produk palsu kebanyakan, pada layarnya berwarna putih kekuning-kuningan dan sedikit buram. Satu hal yang perlu diingat, walaupun perangkat menghasilkan gambar yang bagus, belum dapat dipastikan bahwa produk tersebut benar-benar asli.

Cara lainnya untuk mengetahui perbedaan smartphone Xiaomi asli dan palsu adalah dengan mengecek versi sistem operasinya. Biasanya pada perangkat Xiaomi diinformasikan menggunakan MIUI. Namun jika masih tertulis Beta, kemungkinan perangkat tersebut palsu. Pengguna juga dapat melakukan searching lewat internet versi MIUI yang tertera pada perangkat. Apabila tidak ditemukan, bisa jadi produk tersebut palsu.


Cara Cek HP Xiaomi dan Perbedaan Xiaomi Asli dan Palsu 3

Demikian review tentang tips dan cara mengetahui perbedaan HP Xiaomi asli dan palsu yang kami sajikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam membedakan smartphone Xiaomi asli dan yang palsu ketika anda mau membelinya. Sehingga nantinya Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memilih produk Xiaomi ini.

0 Response to "Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu Terbukti Berhasil"

Post a Comment